norrys

Kamis, 26 November 2015

CARA MENGINSTAL APLIKASI MELALUI TERMINAL DI UBUNTU


Bagi kita yang masih pemula dalam pengoperasian sistem operasi linux tentu mengalami kesulitan, apalagi dalam menginstal aplikasi di linux. Tidak seperti sistem operasi Windows yang sangat mudah untuk menginstal aplikasi, tinggal kilik next-next aja bukan.!! :D
Tapi tenang aja, saya akan memberikan cara untuk menginstal aplikasi di linux.
Sistem operasi yang saya gunakan UBUNTU.
Catatan :
  • Komputer kita harus terhubung Internet.
  • Kecepatan menginstal tergantung kecepatan internet anda
1. Pertama, kita buka Terminal..
ctrl+alt+T
2. Lalu masuk sebagai root.



















3. Kemudian update ubuntu anda dengan cara..
apt-get update
























Tampilan di atas adalah proses update, karena saya menggunakan repository local dari hardisk saya, maka prosesnya lebih cepat.

5. Untuk menginstal aplikasi anda dapat mengetikan perintah berikut :
apt-get install namaaplikasi
contohnya saya menginstal aplikasi scilab..
apt-get install scilab

















6. Apabila tampil gambar seperti di bawah ini, ketik Y untuk menyetujui lalu Enter.























7. Proses instalasi sedang berjalan, tunggu sampai selesai.























8. Jika proses instalasi selesai, coba anda buka aplikasi tersebut..
Berikut ini contoh aplikasi yang telah saya instal.




Itulah bagaimana cara menginstal aplikasi di ubuntu melalui terminal.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

thanks gan infonya, bermanfaat

Posting Komentar